inspirasi

inspirasi

Thursday 17 March 2016

Menantang Kepemimpinan Kristen

Buku ini berjudul Isu – Isu Global Menantang Kepemimpinan Kristen, diterjemahkan dari judul aslinya Issues Facing Christians Today. Ditulis oleh Rev. John Stott, namanya pernah tercatat dalam majalah Time 2005 sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia.

Prestasi prestasi yang di raihnya tak pelak membuatnya begitu dikenal bukan saja di kalangan gerejawi, tetapi membawa pengaruh bagi dunia. Buku karyanya ini sudah mengalami cetak ulang keempat (2005) dengan jumlah 479 (empat ratus tujuh puluh sembilan) halaman.

Buku ini terdiri dari tujuh belas bab yang membahas tentang isu-isu yang sedang terjadi di tengah masyarakat. Yang menarik, buku ini sudah dituliskan beberapa puluh tahun lalu, namun masih kontekstual dan sesuai dengan permasalahan dunia di masa sekarang.

Beberapa isu yang masih banyak dibahas hingga dewasa ini, antara lain:
Bab 1: Keterlibatan Orang Kristen Dalam Masyarakat: Apakah Perlu? Bab 3: Pluralisme: Apakah Harus Kita Paksakan Pandangan-Pandangan Kita? Bab 5: Ancaman Nuklir Bab 6: Lingkungan Hidup Manusia Bab 7: Ketimpangan Ekonomi Utara-Selatan Bab 8: Hak-hak Asasi Manusia
Bab 9: Masalah Kerja dan Pengangguran Bab 10: Hubungan-hubungan Industrial Bab 11: Mimpi Tentang Masyarakat Multi Rasial Bab 13: Wanita, Pria dan Allah Bab 14: Perkawinan dan Perceraian Bab 16: Pasangan Hidup Homoseksual? Bab 17: Kepemimpinan Kristiani

Sekarang ini dunia sedang mengalami berbagai permasalahan seperti permasalahan global (peperangan, persenjataan nuklir, pelanggaran HAM), permasalahan sosial (pengangguran, masalah ekonomi, masalah rasial, moralitas), dan permasalahan spiritual (pengaruh materialisme dan minimnya kualitas dan kuantitas kepemimpinan). Untuk menghadapinya, John Stott memberikan lima unsur esensi kepemimpinan (lebih rinci di Bab 17), yakni Visi, Kerajinan Bekerja, Ketekunan, Pelayanan, Disiplin.
Di halaman 88, John Stott memberikan pernyataan yang sangat renyah dan tepat menjadi refleksi kita; Jika rumah menjadi gelap karena malam tiba, tidak ada gunanya menyalahkan rumah itu, sebab itulah yang terjadi kalau matahari tenggelam. Pertanyaan yang perlu kita ajukan ialah:
Buku ini masih banyak beredar di toko buku. Silakan dicari dan dilahap oleh teman sekalian.
'Dimana lampu-lampunya?' Jika daging menjadi busuk dan tak termakan lagi, maka tidak ada gunanya menyalahkan daging itu, karena itulah yang terjadi bila kuman-kuman dibiarkan membiak di dalamnya. Pertanyaan yang harus dikemukakan ialah: 'Dimana garam-garamnya?'

Saya sangat merekomendasikan teman-teman memiliki buku ini. Silakan dicari di toko buku terdekat. :D

No comments:

Post a Comment